Apa Kalian Hobi Mengoleksi Barang Antik? Simak Cara Perawatan yang Benar!

Barang antik merupakan suatu barang yang dinilai cukup berharga dari nilai kenangannya. Siapa diantara kalian para pecinta barang antik? Barang antik sendiri merupakan sebuah barang langka dan kuno yang sudah sejak lama tidak diproduksi lagi, sehingga barang ini cukup banyak dicari masyarakat serta antik. Barang antik sendiri pastinya sangat berharga, dimana karena barang ini sulit diperoleh dan juga dibanderol dengan harga yang fantastis. Nah bicara mengenai barang antik, barang ini juga dibuat oleh berbagai jenis material yang ada, membuat kita harus mengetahui bagaimana cara merawat yang benar dan pastinya akan menjaga barang ini dari kerusakan.

Tips Merawat Koleksi Barang Antik yang Benar

1. Perabot Kayu

Banyak yang merasa ragu saat akan memcuci perabot antik yang seperti terbuat dari bahan dasar kayu. Mencuci perabot dengan air merupakan salah satu cara terbaik membersihkan kotoran, minyak, dan juga debu. Kalian bisa mencuci menggunakan air sabun hangat, bahkan untuk menjangkau celah-celah perabot, kalian bisa menggunakan sikat ujung yang lembut. Setelah itu, kalian bisa mengeringkannya menggunakan handuk, dan pastikan seluruh bagian perabot kering sehingga tidak akan menyebabkan kelembapakn yang memungkinkan jamur ini tumbuh.

Kalian juga bisa menaruh perabot di luar ruangan saat matahari bersinar agar benar-benar kering sebelum hal ini digunakan. Jika perabot tidak kotor, tetapi hanya kering kalian bisa bersihkan menggunakan campuran minyak kenari dan juga cuka putih. Kalian bisa menggosok dan menyikatnya pada bagian yang kotor hingga bersih.

2.  Marmer

Cara menghilangkan noda dari barang antik yang terbuat dari marmer, kalian bisa membuat pasta menggunakan tepung dan juga hidrogen peroksida. Dimana kalian bisa oleskan campuran yang ada diatas noda melalui tutup dengan plastik agar tidak cepat mengering dan kalian bisa biarkan selama 24 jam. Kalian juga setelah itu bisa ambil plastik dan bersihkan permukaan marmer dengan menggunakan sabun cuci piring yang ringan.

Kalian juga jangan lupa untuk bilas dengan air bersih. Dimana setelah seluruh langkah dilakukan, kalian bisa keringkan marmer tersebut menggunakan kain bersih. Tetapi saat mengeringkan permukaan marmer, kalian bisa memperlakukan dengan baik dan tidak langsung mengusapnya. Dimana kalian bisa tepuk bagian yang perlu dibersihkan dengan lembuh hingga kondisi kering.

3. Logam

Tidak sedikit juga braang antik yang berasal dari bahan logam, dimana material ini mudah sekali terkena masalah karat. Oleh sebab itu, kalian bisa mengggunakan sikat atau sabut khusus logam dengan menggunakan cara gosok pada bagian yang berkarat. Hanya saja lakukan dengan penuh hati-hati. Kalian juga bisa mengusapkan minyak rami atau kenari dengan mengembalikan kilau logam. Kalian bisa bersihkan sisanya menggunakan kain lembut yang bersih.

4. Perak

Barang antik yang berlaiskan perak sering kalain temukan pada hiasan maupun alat makan kuno. Benda antik yang berbahan perak ini mudah berubah warna dan menjadi kusam. Kalian bisa menggunakan semir perak yang menghasilkan. Dimana kalian bisa memoles benda dengan menggunakan spons lembut. Untuk barang yang memiliki potongan kecil dengan ukiran khusus kalian bisa menyelupkannya ke dalam pembersih celup khusus perak.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kalian lakukan pada barang antik berdasarkan masalah dan bahan material yang dimilikinya. Semoga dengan informasi ini, kalian akan lebih awet merawat barang antik milik kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *