Deretan Barang Antik Indonesia yang Layak Dimiliki

Barang antik merupakan suatu barang yang memiliki nilai historis yang tinggi dan semakin langka seiring dengan perubahan zaman yang terjadi. Karena barang antik ini memiliki nilai yang sangat berharga, oleh sebab itu tidak sedikit orang yantg memburu barang-barang antik ini untuk dijadikan koleksi yang mahal harganya. Karena tidak sedikit juga orang yang memiliki hobi dan ketertarikan masing-masing. Barang kuno yang berusia tua dapat didefinisikan sebagai barang antik jika barang itu sudah langka untuk ditemukan. Harga barang antik juga beragam dan tidaklah murah. Kali ini kami akan memberikan daftar barang antik Indonesia yang layak kalian buru. Simak lengkapnya berikut ini.

Daftar Barang Antik di Indonesia

1. Uang Rp. 25,- (Soekarno)

Uang yang sudah lama tidak diterbitkan dan tidak berlaku lagi ini ternyata dapat menjadi benda yang diminati oleh para kolektor. Uang pecahan senilai 5, 10, 25, 50, dan 100 rupiah edisi lama yang dijual dalam tiga variasi nomor seri, yaitu 1 huruf, 2 huruf, dan 3 huruf. Mata uang Indonesia yang sangat diincar oleh para kolektor adalah uang pecahan 25 rupiah bergambar Bung Karno. Harga barang antik ini juga dapat di banderol dengan harga 400 hingga 600 ribu rupiah per lembarnya.

2. Guci Antik Qianlong

Guci Antik Qianglong merupakan guci kecil yang bersal dari Dinasti Qing yang merupakan peninggalan Kaisar Qianlong. Guci ini menjadi guci termahal di dunia. Guci setinggi 40 cm ini bahkan di banderol dengan harga mencapai 50 juta Euro atau setara dengan 612 miliar rupiah.

3. Koin Kuno 1 Cent 1855

Selanjutnya adalah koin yang teklah menjadi alat tukar menukar sejak masa lampau. Bentuk dan gambar koin ini mengalami perubahan seiring dengan adanya perkembangan zaman. Uang koin masa lmpau ini memiliki keunikan tersendiri, sehingga tidak sedikit para kolektor berlomba untuk memilikinya. Salah satu koin yang paling langka di dunia adalah koin kuno Indonesia 1 cent pada tahun 1855 yang telah dikeluarkan pada masa penjajahan Belanda. Koin kuno paling langka di dunia ini dapat di banderol dengan harga mencapai 100 juta rupiah.

4. Dakon Jadul

Apakah kalian tahu dakon? Dakon merupakan alat permainan anak perempuan masa lampau. Biasanya permainan ini berbentuk cekungan lubang dan dua cekungan lubang besar di kedua sisinya. Pada zaman dahulu, biji dakon permainan ini terbuat dari biji sirsak. Papan dakon lawas ini diminati oleh kolektor barang antik karena bentuknya yang unik. Harga barang antik yang satu ini bisa di banderol dengan harga mencapai 1 juta rupiah.

5. Uang Kuno 2.5 Cent (1897)

Berikutnya adalah uang kuno yang diterbitkan pada zaman Belanda. Uang koin yang masih berupa satuan sen ini memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi. Uang koi kuno Noderlandsch Indie senilai 2.5 cent diterbitkan pada tahun 1897 yang menjadi barang langka yang layak untuk dikoleksi. Koin ini sendiri dijual dengan harga mencapai 1 juta rupiah.

Ituliah dia beberapa deretan daftar barang antik yang memiliki nilai kendangan dan sejarah yang penting. Untuk kalian para pecinta koleksi, kalian dapat mengoleksi beberapa daftar barang antik yang ada di atas ini dengan beragam harga yang ditawarkan. Selain koleksi, kalian juga dapat jadikan barang ini sebagai investasi. Sekian informasi ini kami sampaikn, semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetaahuan kalian mengenai barang antik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *